logo

.

Login Form




PDF
Written by Mas Minto   
Wednesday, 07 December 2011 09:06

Keselamatan (safety) telah menjadi isu global termasuk untuk rumah sakit. Ada lima isu penting yang terkait dengan keselamatan (safety) di rumah saklit yaitu: keselamatan pasien (patient safety), keselamatan pekerja atau petugas kesehatan, keselamatan bangunan, dan peralatan di rumah sakit yang bisa berdampak terhadap keselamatan pasien dan petugas, keselamatan lingkungan (green productivity)  yang berdampak terhadap pencemaran lingkungan dan keselamatan “ bisnis” rumah sakit yang terkait dengan kelangsungan rumah sakit. Lima aspek keselamatan tersebut sangatlah penting untuk dilaksanakan di setiap rumah sakit. Namun harus diakui kegiatan institusi rumah sakit dapat berjalan apabila ada pasien. Karena itu keselamatan pasien merupakan prioritas utama untuk dilaksanakan dan hal tersebut terkait dengan isu mutu dan citra rumah sakit.

Harus diakui, pelayanan kesehatan pada dasarnya adalah untuk menyelamatkan pasien sesuai yang  diucapkan Hiprocrates kira-kira 2400 tahun yang lalu yaitu Primun, non nocere (First,do no harm). Namun diakui dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan  dan teknologi pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit menjadi semakin kompleks dan berpotensi terjadinya Kejadian Tidak Diharapkan  / KTD (Adverse event) apabila tidak dilakukan dengan hati-hati.

Di Rumah sakit terdapat ribuan macam obat, ratusan tes dan prosedur, banyak alat dengan teknologi tinggi, bermacam jenis tenaga profesi dan non profesi yang siap memberikan pelayanan pasien 24 jam terus menerus. Keberagaman dan kerutinan pelayanan tersebut apabila tidak dikelola dengan baik dapat terjadi KTD.

Pada tahun 2000 Institute Of Medicine di Amerika Serikat menerbitkan laporan yang mengagetkan banyak pihak : “ TO ERR IS HUMAN “, Building a Safer Health System. Laporan itu mengemukakan penelitian di rumah sakit di Utah dan Colorado serta New York. Di Utah dan Colorado ditemukan KTD (Adverse Event) sebesar 2,9 %, dimana 6,6 % diantaranya meninggal. Sedangkan di New York KTD adalah sebesar 3,7 % dengan angka kematian 13,6%. Angka kematian akibat KTD pada pasien rawat inap di seluruh Amerika yang berjumlah 33,6 juta pertahun berkisar 44.000- 98.000 per tahun. Publikasi WHO pada tahun 2004, mengumpulkan angka-angka penelitian rumah sakit di berbagai negara : Amerika, Inggris, Denmark, dan Australia, ditemukan KTD dengan rentang 3,2- 16,6 %. Dengan data-data tersebut, berbagai Negara segera melakukan penelitian dan mengembangkan Sistem Keselamatan Pasien.

 Di Indonesia data tentang KTD apalagi Kejadian Nyaris Cedera ( Near miss) masih langka, namun dilain pihak terjadi peningkatan tuduhan “mal   praktek“, yang belum tentu sesuai dengan pembuktian akhir. Dalam rangka meningkatkan keselamatan pasien di rumah sakit maka Perhimpuan Rumah Sakit (KKP-RS). Komite tersebut telah aktif melaksanakan langkah-langkah persiapan pelaksanaan keselamatan pasien rumah sakit.

Mengingat  keselamatan pasien sudah menjadi tuntunan masyarakat maka pelaksanaan program keselamatan pasien rumah sakit perlu dilakukan. Karena itu perlu melaksanakan kegiatan pelatihan keselamatan pasien rumah sakit.

Maksud dan tujuan dari program Diklat KPRS / Safety Patient ini adalah melaksanakan kegiatan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personil Rumah Sakit Happy Land Medical Centre tentang KPRS/ safety patient. Sedangkan tujuan khusus dari program ini adalah sebagai berikut :

 a.         Agar pegawai rumah sakit dapat menciptakan budaya keselamatan pasien di Rumah Sakit Happy Land Medical Centre.

 b.         Agar pegawai rumah sakit dapat menurunkan kejadian tidak diharapkan (KTD) di Rumah Sakit Happy Land Medical .

 c.         Agar program diklat keselamatan pasien di Rumah Sakit Happy Land Medical Centre dapat terlaksana secara sistematis dan terarah.

 

Sasaran.

 a.         Dokter yang belum mendapatkan pelatihan KPRS.

b.         Tenaga keperawatan yang belum mendapatkan pelatihan KPRS.

c.         Semua pegawai pada unit terkait dalam pelayanan di rumah sakit.

 

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

·         Waktu: Selasa, 6 Desember 2011/ pukul 14.00 WIB s/d Selesai

·         Tempat: Lantai dasar Gedung timur Exs Supermarket

·         Pembicara: Dr. Benny P. Gunawan

 

Last Updated ( Wednesday, 07 December 2011 09:08 )
 
bottom

Happy Land Medical Centre 2009 Allright reserved | Admin | Contact us | Sitemap | Design by petakumpet and epinline Language:
OFFICE Jl. Ipda Tut Harsono No 53 Timoho, Yogyakarta
Telp. 0274-550060, 550058 Fax. 0274-550061 E-mail : mkthlmc@yahoo.com


Site Meter